Minat Siswa Mengikuti Pelajaran Pendidikan Jasmani di SMP Nuris Jember
DOI:
https://doi.org/10.46838/spr.v5i1.486Keywords:
Minat, Pendidikan Jasmani, SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi minat siswa SMP Nuris Jember mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Pendekatan penelitian ini menggunakan survei dengan metode deskriptif kuantitatif. Instrumen pengumpulan data mengguankan kuesioner dengan sampel penelitian 69 siswa. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan persentase. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa minat siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMP Nuris Jember dapat digolongkan sebagai "sedang", dengan 29 siswa atau 49% dari total responden menunjukkan tingkat minat tersebutOleh karena itu, dapat diperoleh kesimpulan bahwa minat siswa terhadap mata pelajaran tersebut di SMP Nuris Jember umumnya berada pada tingkat "sedang". Peran guru menjadi kunci dalam menentukan kualitas pembelajaran maupun hasil pembelajaran.
References
Achru, A. (2019a). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205.
Achru, A. (2019b). Pengembangan Minat Belajar dalam Pembelajaran. JURNAL IDAARAH, III(36), 205–215.
Atifah, U. (2022). Minat Siswa Kelas VIII Dalam Mengikuti Pembelajaran Pjok Di SMPN 10 Tualang. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Buana, I. R. A., & Kristiyandaru, A. (2021). Motivasi Siswa Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan: Intrinsik Dan Ekstrinsik. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 9(1).
Budiono, A. (2012). Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani di MTS Negeri 1 Kaleng Puring Kebumen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY.
Dewi, R. P., & Sepriadi, S. (2021). Minat Siswa SMP Terhadap Pembelajaran PJOK Secara Daring Pada Masa New Normal. Physical Activity Journal, 2(2), 205. https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.2.2.3988
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 47. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9594
Febriyanti, I. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Slow Motion Terhadap Hasil Belajar Roll Depan. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 3(2), 251–258. https://doi.org/10.52188/ijpess.v3i2.466
Mustafa, A. F. (2022). Gambaran pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) selama pandemi covid-19 di sekolah dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 1(2), 213–225. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i2.25
Pratiwi, E. (2020). Buku Ajar Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmiani (Pedoman Guru dalam Mengajar Penjas). Palembang: Bening media Publishing.
Ramli, R., Ramadi, R., & Juita, A. (2015). Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di SMKN 3 Selat Panjang. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 1–12.
Rozi, M. F., Putra, J., Suwirman, S., & Arsil, A. (2023). Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(1), 143–153. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i1.11011
Turisia, A., Suhartono, S., & Hidayat, R. (2021). Pengaruh Manajemen Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1985–1996. Retrieved from https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1044
Wahyuni, N. M. S. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Matematika Siswa SMK. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
Widiyanto, W. E., KS, S., Hidayatullah, M. F., & Yudha, D. W. K. (2022). Pembelajaran Penjas Selama Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 883–888.
Widiyanto, W. E., & Ramadhani, D. (2021). Penggunaan Metode Dan Media Pembelajaran Jasmani Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu. Jurnal Stamina, 4(2), 56–69.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Iwan Setia Darmawan, Wahyu Eko Widiyanto, Bahtiar Hari Hardovi, Afaf Achmad Syahab

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.