Hubungan Aksebilitas Sarana, Dukungan Sosial, Norma Olahraga Kelompok dan Partisipasi Aktif Olahraga Siswa SMK di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.46838/spr.v5i1.471Keywords:
Aksesibilitas Fasilitas, Dukungan Sosial, Norma Olahraga Kelompok, Partisipasi Aktif Dalam Olahraga, Siswa SMKAbstract
Terdapat fakta bahwa rendahnya tingkat kebugaran jasmani masyarakat Indonesia disebabkan oleh kurangnya partisipasi gerak secara aktif dalam berolahraga. Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh pengetahuan tentang hubungan aksesibilitas fasilitas, dukungan sosial, norma olahraga kelompok dan partisipasi gerak secara aktif dalam olahraga pada siswa SMK di Indonesia. Metode penelitian dari data sekunder ini menggunakan IMR (internet mediated riset) yang melibatkan 1101 siswa SMK se-Indonesia sebagai responden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini diambil secara purposive (sesuai dengan tujuan penelitian) responden dari siswa jenjang SMK. Berdasarkan data yang diterima dan telah disunting dan layak analisis, diketahui sampel yang digunakan 1101 responden. Kuesioner diberikan kepada responden dengan sistem snow ball sampling. Data diuji menggunakan analisis uji korelasi, uji multiregresi dan analisis jalur. Hasil dari penelitian memperlihatkan 1) Terdapat hubungan antara aksesibilitas dengan dukungan sosial olahraga dengan uji korelasi dengan koefisien yaitu: 0,487 dengan signifikansi pada taraf 0,01, 2) Terdapat hubungan antara aksesibilitas fasilitas dengan norma olahraga kelompok baik langsung ataupun tidak melalui dukungan sosial dengan nilai koefisien regresi terstandar (β) sebesar 0,30685, 3) Ada korelasi antara aksesibilitas fasilitas dan partisipasi aktif secara langsung atau tidak dengan nilai koefisien regresi terstandar (β) dukungan sosial dalam olahraga terhadap partisipasi gerak secara aktif sebesar 0,108. Secara langsung melalui dukungan sosial, dan norma olahraga pada kelompok siswa SMK di Indonesia. Dapat disimpulkan, ada korelasi yang signifikan antara aksesibilitas sarana dan partisipasi aktif secara langsung ataupun tidak melalui dukungan sosial, dan norma olahraga dalam kelompok siswa pada SMK di Indonesia.
References
Akpınar, A. (2019). Green Exercise : How Are Characteristics of Urban Green Spaces Associated with Adolescents ’ Physical Activity and Health? 1–16.
Chen, P. (2017). Physical activity , physical fitness , and body mass index in the Chinese child and adolescent populations: An update from the 2016 Physical Activity and Fitness in China — The Youth Study. Journal of Sport and Health Science, 6(4), 381–383. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2017.09.011
Iwanta, M. K., Bekti, S., Aswara, A. Y., & Utomo, I. B. (2023). Aksesibilitas prasarana dan dukungan sosial perilaku berolahraga siswa sekolah menengah atas Indonesia. MULTILATERAL : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(1), 51–62.
Lee, S. A., Ju, Y. J., Lee, J. E., Hyun, I. S., Nam, J. Y., Han, K., & Park, E. (2016). The relationship between sports facility accessibility and physical activity among Korean adults. BMC Public Health, 1–8. https://doi.org/10.1186/s12889-016-3574-z
Lian, Y., Peijie, C., Kun, W., Tingran, Z., Hengxu, L., Jinxin, Y., & Silva, A. F. (2021). The Influence of Family Sports Attitude on Children ’ s Sports Participation , Screen Time , and Body Mass Index. 12(December), 1–12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.697358
Manuscript, A. (2015). NIH Public Access. 1–21. https://doi.org/10.1016/j.neurobiolaging.2014.03.034.Physical
Modecki, K. L., Ph, D., Minchin, J., Harbaugh, A. G., Ph, D., Guerra, N. G., Ph, D., Runions, K. C., & Ph, D. (2014). Bullying Prevalence Across Contexts : A Meta-analysis Measuring Cyber and Traditional Bullying. Journal of Adolescent Health, 55(5), 602–611. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2014.06.007
Nugroho, A., Sukamti, E. R., & Purwanto, S. (2023). Original Article Exploring the athlete experience : A multidimensional study of service quality and financial factors in individual vs . team sports. 23(12), 3299–3308. https://doi.org/10.7752/jpes.2023.12377
Sallis, J. F., Adlakha, D., Oyeyemi, A., & Salvo, D. (2020). An international physical activity and public health research agenda to inform coronavirus disease-2019 policies and practices. Journal of Sport and Health Science, 9(4), 328–334. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2020.05.005
Sari, A. P., Aswara, A. Y., & Bekti, S. (2023). Budaya berolahraga anak Jawa Timur: Studi kontrastif berdasarkan urbanitas dan jenis sekolah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 543–548. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4695
Strandbu, Å., Bakken, A., Stefansen, K., & Bakken, A. (2020). The continued importance of family sport culture for sport participation during the teenage years. https://doi.org/10.1080/13573322.2019.1676221
Sum, R. K. W., Cheng, C., Wallhead, T., Kuo, C., Wang, F., & Choi, S. (2018). Journal of Exercise Science & Fitness Perceived physical literacy instrument for adolescents : A further validation of PPLI. Journal of Exercise Science & Fitness, 16(1), 26–31. https://doi.org/10.1016/j.jesf.2018.03.002
Syakur, M., Aswara, A. Y., & Bekti, S. (2023). Personal Awareness, Group Norms, Social Support and Active Participation in Sport for Madrasah Tsanawiyah Students. Jp.jok (Jurnal PendidikanJasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 6(2), 249–263.
Willey, J. Z., Moon, Y. P., Kulick, E. R., Cheung, Y. K., Wright, C. B., Sacco, R. L., & Elkind, M. S. V. (2017). Physical Inactivity Predicts Slow Gait Speed in an Elderly Multi-Ethnic Cohort Study: The Northern Manhattan Study. Neuroepidemiology, 49(1-2), 24–30. https://doi.org/10.1159/000479695
Zhu, Z., Yang, Y., Kong, Z., Zhang, Y., & Zhuang, J. (2017). Prevalence of physical fitness in Chinese school-aged children : Findings from the 2016 Physical Activity and Fitness in China — The Youth Study. Journal of Sport and Health Science, 6(4), 395–403. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2017.09.003
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Sasminto Sasminto, Adi Sucipto, Susilo Bekti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.