Faktor Dominan yang Mempengaruhi Partisipasi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga

Authors

  • Khamim Hariyadi STKIP PGRI Trenggalek
  • Indhah Isti Dewi STKIP PGRI Trenggalek

DOI:

https://doi.org/10.46838/spr.v4i3.424

Keywords:

Ekstrakurikuler Olahraga, Partisipasi, PCA (Pricipal Component Analysis)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor dominan yang mempengaruhi partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini termasuk dalam metode penelitian deskriptif kuantitatif. Instrument dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner yang digunakan peneliti sebagai metode pengumpulan data. Sampel dari 133 diambil siswa yang aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMP 1 Kampak. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan menggunakan metode PCA (Principal Component Analysis) untuk menganalisis faktor yang mereduksi data menjadi variabel baru sehingga dapat menghasilkan faktor dominan. Faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga dapat digolongkan ke dalam 2 faktor, yaitu yang pertama Faktor Motivasi dan Keterlibatan dengan perolehan nilai eigen sebesar (8,108) dan Faktor Keterampilan dengan perolehan nilai eigen sebesar (1,602). Hasil tersebut merupakan hasil dari 15 variabel yang telah di ekstraksi atau factoring. Dimana Factor Motivasi dan Keterlibatan dan Faktor Keterampilan merupakan faktor yang paling dominan yang mempengaruhi partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga.

References

Elpira, F. (2014). Penerapan Analisis Faktor untuk Menentukan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa dalam Memilih Jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Hendro, G., Adji, T. B., & Setiawan, N. A. (2012). Penggunaan Metodologi Analisa Komponen Utama ( PCA ) untuk Mereduksi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyakit Jantung Koroner. 1–5.

Ismiati, L., & Harnanik. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Kelas XI IPS Mengikuti Ekstrakurikuler Ekonomi Akuntansi di SMA N 4 Magelang Tahun 2015/2016. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 636–646.

Konitin, M. (2010). Kajian Tentang Analisis Faktor Menggunakan Metode Principal Component Analysis PCA.

Maksum, A. (2013). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Siswa Terhadap Ekstrakurikuler Olahraga di SMK Negeri 1 Slahung Ponorogo. 01, 174–179.

Nasution, M. Z., Jendral, J., Subroto, G., Medan, S. S., & Utara-indonesia, S. (2019). Penerapan Principal Component Analysis (PCA) Dalam Penentuan Faktor Dominan Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa ( Studi Kasus : SMK Raksana 2 Medan ). 3(1).

Negara, K. S. (2019). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Permendikbud No 63 Tahun 2014, 53(9), 1689–1699.

Purwokerto. (2020). Faktor Penentu Minat Siswa Smp. 19(April), 41–51.

Putra, M. K. (2016). Tingkat Partisipasi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga di SMP Negeri 2 Mrebet Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 5(4).

Rahman, A. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Sugiono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Wibowo, Y. A. &, & Andriyani, F. D. (2015). Pengembangan Ekstrakurikuler Olahraga Sekolah. Yogyakarta: UNY Press, 38–39.

Winarno. (2019). Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani.

Winarno, M. E. (2013). Buku Metodologi Penelitian. In Universitas Negeri Malang (UM Press). UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM PRESS).

Published

2024-01-30

How to Cite

Khamim Hariyadi, & Indhah Isti Dewi. (2024). Faktor Dominan yang Mempengaruhi Partisipasi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(3), 423-428. https://doi.org/10.46838/spr.v4i3.424