Peningkatan Hasil Belajar Passing Atas dalam Pembelajaran Permainan Bola Voli Melalui Metode Kedinding dan Berpasangan
DOI:
https://doi.org/10.46838/spr.v5i1.464Keywords:
Hasil Belajar, Passing Atas Bolavoli, MetodeAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing atas siswa dalam permainan bola voli. Metode yang digunakan penelitian ini adalah penelitian action reseach classroom yang dilaksanakan dua kali pertemuan dalam setiap siklusnya. Subjek penelitian hanya siswa kelas VIII MTs. Nurul Huda II Kec. Rubaru dengan jumlah 10 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran teknik passing atas bola voli dalam siklus pertama terdapat 20% siswa bisa melakukan passing atas dengan benar dengan nilai minimal 20 dan nilai maksimal 80. Pada siklus II passing atas siswa menjadi 90% dengan nilai minimal 60 dan maksimal 100. Sehingga kesimpulan penelitian ada peningkatan pada pembelajaran passing atas dalam pembelajaran bolavoli melalui metode kedinding dan berpasangan sebesar 70% dan tergolong klasifikasi tinggi.
References
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Budi, A. S. (2021). Pengaruh Latihan Passing Bawah ke Dinding dan Berpasangan Terhadap Keterampilan Bola Voli pada Siswa Ekstrakurikuler di SMP Negeri 13 Tanjung Jabung Timur. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 3(2), 45–52. https://doi.org/10.22437/ijssc.v3i2.15626
Efendi, Z. A., Bakti, A. P., Sulistyarto, S., & Nugraha, T. A. (2023). ANALISIS KONDISI FISIK ATLET BOLAVOLI DI CLUB SIDOARJO JAYA. Jurnal Kejaora: Jurnal Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga, 8(2), 151–164.
Fepriyanto, A., Helaprahara, D., Supriyanto, N. A., Rasyid, A., & Azis, A. (2022). Konsep Guru PJOK dalam Melakukan Evaluasi Pembelajaran dimasa Pandemi Covid-19. PENJAGA : Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 14–20. https://doi.org/10.55933/pjga.v2i1.256
Ginanjar, A. (2012). Serba tahu dunia olahraga. Surabaya: Dafa Publishing.
Ginanjar, A., Mudzakir, D. O., & Wadudu, H. (2023). Sport Education Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sd Tingkat Atas Untuk Mendukung Kurikulum Merdeka. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 8(2), 237–248. https://doi.org/10.36526/kejaora.v8i2.3047
Husdarta, H. J. S. (2009). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung. Alfabeta.
Izzuddin, D. A., & Widyanti, I. T. (2021). Dampak Latihan Passing Dipantulkan Ke Dinding Terhadap Kemampuan Passing Atas Permainan Bola Voli Di Perumahan Buana Asri. Jurnal Olahraga Kebugaran Dan Rehabilitasi (JOKER), 1(2), 134–140. https://doi.org/10.35706/joker.v1i2.5763
Nulhadi, A., Ashari, L. H., Herlina, H., & Burhan, Z. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Passing Atas Bola Voli Melalui Permainan 3 on 3 Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 497–506. https://doi.org/10.55681/nusra.v4i3.1262
Palinata, yahya jecson. (2020). Tes Keterampilan Pasing Bola Voli Bagi Mahasiswa Semester I. Jurnal Kejaora: Jurnal Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga, 5(11), 40–47.
Pratama, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Passing Bawah dan Atas Bola Voli Menggunakan Modifikasi Bola pada Peserta Didik Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 1–23.
Purnomo, Y. W. (2011). Keefektifan model penemuan terbimbing dan cooperative learning pada pembelajaran matematika. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 41(1).
Rithaudin, A., & Hartati, B. S. (2016). Upaya meningkatkan pembelajaran passing bawah permainan bola voli dengan permainan bola pantul pada siswa kelas IV SD Negeri Glagahombo I Tempel Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 12(1), 51–57.
Wisahati, A. S., & Santosa, T. (2010). Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan, Jakarta.
Yunus, M. (1992). Olahraga Pilihan Bola Voli Jakarta. Depdikbud, Dirjen Dikti.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Lina Malinda, Nugroho Agung S, Dian Helaprahara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.