Meningkatkan Keterampilan Gerak Lokomotor Melalui Permainan Kasti Pada Siswa Kelas V SDN Wonorejo 1 Kediri

DOI:

https://doi.org/10.46838/spr.v4i3.450

Keywords:

Gerak Lokomotor, Keterampilan, Permainan Kasti

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kecakapan gerak dasar lokomotor peserta didik pada mata pelajaran PJOK melalui penerapan model permainan tradisional bola kasti. Metode yang digunakan yaitu model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Riset ini dijalankan dalam dua siklus, dengan dua pertemuan setiap siklus. Subjek penelitian ini melibatkan 30 orang siswa kelas V, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Akhir dari studi ini membuktikan bahwsanya melalui permainan tradisional bola kasti dapat meningkatkan keterampilan gerak lokomotor siswa dari hasil Pra-penelitian hanya 3 peserta didik yang tuntas atau hanya 10 persen dan yang tidak tuntas berjumlah 27 dalam presentase 90%, maka diadakan siklus I dengan hasil 43% atau 13 orang siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan siklus II terdapat peningkatan yang signifikan yaitu 90% siswa yang sudah mencapai hasil optimal dalam ketrampilan gerak lokomotornya. Selain itu, peningkatan hasil belajar siswa juga telah meningkat dengan adanya modifikasi permainan bola kasti yang dirasa siswa permainan ini sangat menyenangkan sehingga minat siswa dalam pelajaran PJOK semakin baik dan performa siswa juga meningkat.

References

Adi, B. S., Sudaryanti, S., & Muthmainah, M. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31375

Agustini, I. P., Tomi, A., & Sudjana, I. N. (2016). Peningkatan Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor Menggunakan Metode Bermain dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Siswa Kelas III C SDN Krian 3 Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Jasmani, 26(2), 229–237.

Anam, S., Ovaleoshanta, G., Ardiansyah, F., & Santoso, D. A. (2017). Studi Analisis Budaya Permainan Tradisional Suku Osing Kabupaten Banyuwangi. SPORTIF: Jurnal Pembelajaran Olahraga, 3(2).

Astari, T. I., Dewi, T. R., & Yuliantoro, A. T. (2022). Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Tiyan. 1(2), 73–87.

Azis, P. A., Trisna Rahayu, E., Kurniawan, F., Keguruan, F., Pendidikan, I., Singaperbangsa, U., & Abstract, K. (2022). Upaya Meningkatkan Gerak Lokomotor Siswa Sekolah Menengah Atas Dalam Pembelajaran Atletik Melalui Metode Bermain. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(15), 464–471.

Djuanda, I., Agama, S. T., Al, I., Jakarta, H., & Suryani, R. L. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Gerak Lokomotor Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Engklek. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 2021.

Faiz, A., Nugraha Permana Putra, & Nugraha, F. (2022). Memahami Makna Tes, Pengukuran (Measurement), Penilaian (Assessment), Dan Evaluasi (Evaluation) Dalam Pendidikan. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(3), 492–495.

Fallo, I. S., Ardimansyah, A., & Hidayati, N. (2020). Dimensi Pembelajaran Permainan Kasti Berbasis Perkembangan Motorik Dengan Gaya Mengajar Komando Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(1), 41. https://doi.org/10.31571/jpo.v9i1.1399

Ginting, M., Indah, D., & Mulyadi, H. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Permainan Kasti Dengan Menerapkan Metode Latihan Pada Siswa Kelas V SD Negeri 012 Tandun Oleh Article History Received : September 2020 Accepted : October 2020 Published : November 2020 Keywords Metode latihan , permainan A. Jurnal Pendidikan Rokania, V(3), 389–400.

Hadi, F., Raibowo, S., & Prabowo, A. (2021). Pengaruh Permainan Bola Kasti Terhadap Kemampuan Gerak Motorik Kasar Siswa Kelas V Sd Negeri 90 Rejang Lebong. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(2), 260–270. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v2i2.16774

Hamid. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Tekhnik Throw In Melalui Modifikasi Permainan Hand Ball Pada Sekolah Menengah Atas Negeri. 1(4), 429–438.

Hanief, Y. N., & Sugito. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi. 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Irwandi. (2019). Survei sarana dan prasarana pendidikan jasmani dan olahraga di SMA Negeri 2 Camba Kabupaten Maros. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar, 1, 1–10.

Kusumawati, O. (2017). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah. 4(2).

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

Muhtar, T., & Lengkana, A. S. (2021). Kesehatan Dalam Pendididkan Jasmani (N. I. Indriyani (ed.); I). CV. SALAM INSAN MULIA.

Mukarromah, O., Maesaroh, T., & Imtihanudin, D. (2022). Konservasi Permainan Tradisional Terhadap Perkembangan Gerak Lokomotor Anak Usia Dini. Jurnal Elementary, 5(1), 1–5.

Ni’mah, Z. A. (2022). Urgensi Penelitian Tindakan Kelas Bagi Peningkatan Profesionalitas Guru Antara Cita Dan Fakta. Realita : Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 15(2), 1–22. https://doi.org/10.30762/realita.v15i2.480

Nurrohman Jauhari, M., Sambira, & Zakiah, Z. (2020). Penjas Adaptif Di Sekolah Luar Biasa. Journal STAND: Sports and Development, 1(1), 63–70.

Syofian, S., Setiyaningsih, T., & Syamsiah, N. (2015). Otomatisasi Metode Penelitian Skala Likert Berbasis Web. November, 1–8.

Triyanti. (2021). Melalui Gerak Lokomotor Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Negeri Sari Mulya JURNAL ALAYYA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini | 34. 1, 34–56.

Wulan, D. S. A. (2015). Peningkatan Kemampuan Gerak Lokomotor Melalui Permainan Lari Estafet Modifikasi. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 1(9), 163–180.

Published

2024-01-01

How to Cite

Meningkatkan Keterampilan Gerak Lokomotor Melalui Permainan Kasti Pada Siswa Kelas V SDN Wonorejo 1 Kediri. (2024). SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(3), 333-338. https://doi.org/10.46838/spr.v4i3.450