Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital ICT oleh Mahasiswa Penjas UNP Kediri Angkatan 2023
DOI:
https://doi.org/10.46838/spr.v4i3.425Keywords:
Media, Digital ICTAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penggunaan media pembelajaran berbasis Digital ICT oleh mahasiswa Penjas UNP Kediri Angkatan 2023. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Penjas UNP Kediri Angkatan Tahun 2023 dengan jumlah 119 orang. Hasil analisis data menggunakan Teknik deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Digital ICT oleh mahasiswa Penjas UNP Kediri Angkatan 2023 mempunyai persentase baik sekali sebesar 1% atau 1 mahasiswa, baik sebesar 3% atau 4 mahasiswa, sedang sebesar 33% atau 39 mahasiswa, kurang sebesar 56% atau 67 mahasiswa, dan kurang sekali sebesar 7% atau 8 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan dalam kategori kurang sebesar 56% artinya mahasiswa Penjas UNP Kediri Angkatan 2023 hampir tidak pernah menggunakan media berbasis Digital ICT.
References
Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). PERILAKU GENERASI Z TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Share : Social Work Journal, 10(2), 199. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443
Handayani, T., Rahmandani, F., & Muzzaki, A. (2023). JINoP ( Jurnal Inovasi Pembelajaran ). 9, 31–43.
Ilmiyah, N. H., & Sumbawati, M. S. (2021). Pengaruh Media Kahoot dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Information Engineering and Educational Technology, 3(1), 46–50. https://doi.org/10.26740/jieet.v3n1.p46-50
Kahoot! Learning Games. (n.d.).
Kalia, G. (2013). A Research Paper on Social media: An Innovative Educational Tool. Issues and Ideas in Education, 1(1), 43–50. https://doi.org/10.15415/iie.2013.11003
Kurniawan, W. P. (2021). Wabah Covid-19 Memberikan Ancaman Menjadi Sebuah Peluang Dalam Paradigma Pendidikan 4.0: Solusi Pembelajaran Jarak Jauh. In dkk Adi Wijayanto (Ed.), Bunga Rampai (Akademisi , p. 109). Akademia Pustaka.
Kusnandar, V. B. (2019). Proyeksi Jumlah Penduduk Indonesia Menurut Kelompok Usia (2015-2045).
Sanita, S., & Saparia, A. (2023). Peran teknologi pendidikan dalam inovasi pembelajaran di MTSN 1 poso. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(4), 69. https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16587
Sartika, E. (2021). Pemanfaatan Media Digital Pada Pembelajaran di Masa Pandemi Eka Sartika 1. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 11(2), 173–182.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In METODE PENELITIAN ILMIAH.
Yaumi, M. (2018). Media & teknologi pembelajaran. Prenadamedia Group (Divisi Kencana).
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Wing Prasetya Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.