Addie : Pengembangan Media Pembelajaran Pop–Up Book Materi Permainan Bola Voli
DOI:
https://doi.org/10.46838/spr.v4i3.423Keywords:
Media Pembelajaran, Pop-Up Book, BolavoliAbstract
Pembelajaran yang monoton menjadi penghambat siswa untuk berekspresi untuk menampilkan kemampuannya. Guru memainkan peran penting dalam menyalurkan nilai-nilai ilmu pengetahuan kepada peserta didik sehingga tidak hanya pengetahuan saja melainkan keterampilan dan kemampuan seorang guru menjadi hal yang mendominasi proses dan hasil pembelajaran. Eksistensi guru sangat memiliki dampak dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu cara untuk mendapatkan pembelajaran dan pengajaran berbasis media merupakan hal untuk mendukung guru memperbaiki mutu pembelajaran. Tujuan studi ini adalah untuk menciptakan produk pop-up book sebagai alat pengajaran. Metode Research and Development (R&D) dan model pengembangan ADDIE digunakan dalam penelitian ini. Dua puluh orang membuat kelompok kecil, dan kelompok besar sejumlah empat puluh orang berpartisipas dalam penelitian ini. Pop-up buku sebagai sumber pembelajaran adalah output penelitian ini mendapat persentase sebesar 90% untuk melakukan eksperimen yang terbatas, dan 97% untuk eksperimentasi dengan sejumlah besar orang ada kemungkinan bahwa membuat buku pop-up sebagai alat materi pengajaran permainan bola voli dapat diterapkan dan digunakan sebagai alat pembelajaran untuk mendukung kegiatan pendidikan PJOK pada materi yang digunakan dalam permainan bola besar, atau materi yang digunakan dalam permainan bolavoli.
References
Afifah, L., & Nurhayati, R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop-Up untuk Pembelajaran Karya Sastra Bahasa Jerman di Kelas XI SMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo. Journal Deutsch Als Fremdsprache in Indonesian, 1(2), 1–8.
Benardi, A. I. (2017). Pendidikan Kesiapsiagaan Bencana Tanah Longsor Untuk Siswa Anak Usia Dini Dengan Metode Dongeng Berbasis Media Pop Up Book Di Paud Dewi Sartika Kecamatan Bergas. Jurnal Pendidikan Geografi, 23(2), 85–93.
Febrianto, R., & Puspitaningsih, F. (2020). Pengembangan Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran. Journal Education Research and Development, 4(1), 1–18.
Maisarah, M., Lubis, A. A., Vadinda, F. Z., & Dayana, R. (2021). Pengembangan Media Pop-Up pada Materi Puisi untuk Siswa Kelas VIII SMP. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(2), 164. https://doi.org/10.30821/eunoia.v1i2.1151
Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN
Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Oktavia, Y. (2014). Usaha Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. JBMP: Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 808–831.
Oktaviana.D, Prihatin.I, & Fahrizar.F. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Contextual Teaching and Learning Dalam Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 1. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2543
Sari, S. A. (2017). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05(01), 107–113.
Turmuzi, M., & Kurniawan, E. (2021). Kemampuan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Matematika Ditinjau dari Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) pada Mata Kuliah Micro Teaching. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2484–2498. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.881
Umayah, D., Haryani, S., & Sumarni, W. (2011). Pengembangan Modul Pop-Up Untuk Pembelajaran IPA Model Kooperatif dan Metode Diskusi. UNNES Science Education Journal, 2(2), 1–6.
Watnaya, A. kusnayat, Muiz, M. hifzul, Nani Sumarni, Mansyur, A. salim, & Zaqiah, Q. yulianti. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153–165. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1987
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Vega Mareta Sceisarriya, Detara Gandes Pawestri Damayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.