Optimalisasi Manajemen Sarana dan Prasarana Olahraga Kelas Khusus Olahraga di Kabupaten Demak

Authors

  • Agus Trimulad Santoso Ilmu Keolahragaan, FIK, Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Setya Rahayu Ilmu Keolahragaan, FIK, Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46838/spr.v4i3.421

Keywords:

Optimization, Facilities and Infrastructure Management, Special Sports Classes

Abstract

Kelas khusus olahraga sebagai wahana pembibitan berjenjang yang kelak menjadi atlet profesional sehingga diperlukan profesionalitas dalam manajemennya. Sarana dan prasarana olahraga merupakan salah satu aspek penting bagi keberhasilan atlet. Sarpras yang terbatas, pembiayaan pengadaan kurang memadai, dan pelatih yang harus membawa sarana sendiri adalah permasalahan yang lazim dijumpai. Penelitian ini menguraikan fakta yang terjadi menjadi peluang solusi sebagai implikasi dari penelitian eksplorasi. Penelitian ini bertujuan meneliti fungsi manajemen (Planning, Organizing, Leading, Controlling) dan alat optimalisasi (Man, Money, Materials, Methods). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari WAKA SARPAS, WAKA Kurikulum, pelatih atletik, Walikelas, dan siswa KKO. Data dianalisis melalui reduksi, display, dan penarikan kesimpulan. Instrumen penelitian menggunakan 3 pedoman yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa optimalisasi Planning melalui prosedur analisis kebutuhan dan kesepakatan. Optimalisasi organizing berdasarkan seleksi kompetensi dan bukan penunjukan. Optimalisasi leading didorong melalui motivasi dan pengarahan. Optimalisasi controlling diperoleh dari pelaporan berkala sesuai data peminjaman. Fungsi Planning, Organizing, Controlling dapat dioptimalkan. Fungsi leading belum dapat diidentifikasi spesifik. Riset selanjutnya dapat disarankan lebih berfokus pada setiap fungsi sehingga solusi yang dihasilkan lebih praktis dan konkret.

References

Adi, S., & Soenyoto, T. (2020). Sport Specific Class Analysis And Urgency. JP. JOK (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 3(2), 192–200.

Andriyan, A., & Yoenanto, N. H. (2022). Optimalisasi penerapan dan pengelolaan manajemen berbasis sekolah : literatur review. 10(1), 14–27. https://doi.org/10.21831/jamp.v10i1.45011

Aziz, S., Huda, N., & Kurniawan, L. A. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Organisasi. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Organisasi, 1(2), 337–340. https://doi.org/10.58290/jmbo.v1i2.71

Blegur, J., & Mae, R. M. (2018). Motivasi berolahraga atlet atletik dan tinju. Jurnal Keolahragaan, 6(1), 29–37.

Dedeh, Maryati, S., Ilah, & Yanti, R. A. E. (2022). Manajemen Sarana dan Prasarana PENJAS di SMK Negeri Kawali. Jurnal Wahana Pendidikan, 9(2), 149–162. https://doi.org/10.25157/wa.v9i2.7623

Farid, F. F., Musadieq, M. Al, & Ruhana, I. (2015). Gambaran Restrukturisasi Organisasi (Studi Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Witel Malang Tentang Bentuk, Jenis, Faktor Pendorong, Faktor Penghambat Restrukturisasi Dan Desain Struktur Organisasi). Jurnal Administrasi Bisnis s1 Universitas Brawijaya, 18(2), 1–11.

Harsuki. (2012). Pengantar Manajemen Olahraga (1st–2nd ed.). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kumaran, M. (2012). Leadership skills. Leadership in Libraries. https://doi.org/10.1016/B978-1-84334-658-6.50004-8

Mahendra, A. (2017). Pengembangan Manajemen Kelas Olahraga: Pokok-Pokok Pikiran Tentang Pengembangan Pembinaan Olahraga Bagi Pelajar. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 2(2), 96–105. https://doi.org/10.17509/jtikor.v2i2.7983

Negara, E. S., Fauzi, A., & Mulyono, L. E. H. (2022). Peranan dan Kompetensi Komunikasi Pemimpin pada Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4451–4458. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1041

Nurfaizin, A., & Anam, K. (2022). Manajemen Fasilitas Olahraga Tim Bola Tangan Di Jawa Tengah. Journal of Sport Science and Fitness, 7(2), 151–162. https://doi.org/10.15294/jssf.v7i2.49848

Prasetyo, N. R. D., Muryadi, A. D., & Rumpoko, S. S. (2021). Survei Manajemen Dan Pembinaan Prestasi Kelas Khusus Olahraga (Kko) Di Smp Negeri 1 Surakarta Tahun 2020. JurnalI Lmiah Penjas, 000, 1–17.

Prastowo, A. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian (M. Sandra (ed.); 2nd ed.). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Saefullah, K., & Sule, E. T. (2010). Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Schwarz, E. C., Hall, S. A., & Shibli, S. (2015). Sport Facility Operations Management: A Global Perspective (2nd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315736815

Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal Islamic Education Manajemen, 4(1), 77–92. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5645

Susanto, N. (2022). Buku Ajar Manajemen Olahraga (Rusli (ed.); Vol. 2, Issue 5). Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Syahroni, M., Pradipta, G. D., & Kusumawardhana, B. (2020). Analisis Pembinaan Prestasi terhadap Manajemen Olahraga Sekolah Sepakbola ( SSB ) Se-Kabupaten Pati Tahun 2019. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 4(2), 85–90. https://doi.org/10.26740/jossae.v4n2.p85-90

Usman, H. (2020). Kepemimpinan efektif : teori, penelitian, & praktik (B. S. Fatmawati (ed.)). Bumi Aksara.

Widowati, A., Decheline, G., & Hasibuan, M. U. Z. (2019). Four Minute to Resolve Overweight. Acpes: The 5th International Conference On Physical Education, Sport, And Health.

Published

2023-12-27

How to Cite

Agus Trimulad Santoso, & Setya Rahayu. (2023). Optimalisasi Manajemen Sarana dan Prasarana Olahraga Kelas Khusus Olahraga di Kabupaten Demak . SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(3), 307-316. https://doi.org/10.46838/spr.v4i3.421