Kontribusi Koordinasi Mata-Tangan Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli

Authors

  • Delni Susmita Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia
  • Jufrianis Jufrianis Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia
  • Vigi Indah Permatha Sari Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46838/spr.v4i3.414

Keywords:

Mata-Tangan, Hasil Belajar Passing Bawah

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurang maksimalnya hasil belajar pasing bawah peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 1 Kampar Utara. Diduga rendahnya koordinasi mata tangan yang dimiliki oleh peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 1 Kampar Utara menjadi latar belakang masalah penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar kontribusi yang diberikan koordinasi mata tangan terhadap hasil belajar passing bawah bola voli peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Kampar Utara. Metode penelitian ini adalah penelitian Korelasional (korelasi). Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kampar Utara pada bulan Mei 2023. Sampel penelitan ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Kampar Utara, sebanyak 23 orang. Untuk mengukur koordinasi mata tangan menggunakan tes melempar pada sasaran/ target, sedangkan tes hasil belajar passing bawah dilaksanakan tes passing bawah selama 1 menit. Hasil penelitian adalah koordinasi mata dan tangan berkontribusi terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli sebesar 0,892. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa koordinasi mata tangan memberikan kontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar passing bawah peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Kampar Utara.

References

Abrasyi, R., Sujiono, B., Hernawan, & Dupri. (2022). Model Latihan Passing Bawah Bola Voli pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. In Prosiding Seminar Dan Lokakarya Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta, 3(1), 110–120. https://doi.org/10.17977/um062v4i62022p581-588

Ahmadi, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Forehand Dalam Permainan Tenis Meja Dalam Penerapan Media Audio Visual Pada Siswa Smkn 1 Bangkinang Kota. Jurnal Bola, 2(1), 1–21.

Akhmady, A. L., & Duwila, F. M. (2022). Hubungan Koordinasi Mata-Tangan Dengan Kemampuan Passing Bawah Pada Tim Bolavoli Putri STKIP Kie Raha Kota Ternate. Jurnal Wanaha Pendidikan, 8(3), 178–183. https://doi.org/10.5281/zenodo.6622055

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Bete, D. T. (2020). Pengaruh Latihan Push-Up Terhadap Peningkatan Kekuatan Otot Lengan pada Siswa Ekstrakurikuler Bola Voli di SMPK Nurobo. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 93–101. http://ejournal.upg45ntt.ac.id/index.php/ciencias/index

Candra, H. D. L. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah Bolavoli Melalui Variasi Mengajar Siswa Kelas Xi. 1 SMAN 1 Sentajo Raya. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Illahi, Y. K. . (2019). Kontribusi Koordinasi Mata Tangan, Keseimbangan,dan Kecepatan Terhadap KemampuanDribbling Bolabasket. Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 2(1), 142–148.

Iswoyo, T., & Junaidi, S. (2015). Sumbangan Keseimbangan, Koordinasi Mata Tangan Dan Power Lengan Terhadap Ketepatan Pukulan Boast Dalam Permainan Squash. JSSF (Journal of Sport Science and Fitness), 4(2), 43–48.

Jufrianis, Henjilito, R., Hernawan, Sukiri, Sukur, A., Abidin, D., Karakauki, M., Syed Ali, S. K., & Pratama, K. W. (2021). THE EFFECT of KNOWLEDGE LEVEL (IQ) and PHYSICAL CONDITIONS (POWER, FLEXIBILITY and COORDINATION) on SMASH TECHNIQUE LEARNING SKILL in SEPAK TAKRAW. Physical Education Theory and Methodology, 21(3), 264–272. https://doi.org/10.17309/TMFV.2021.3.10

Maulana, Y. S. (2014). Perbandingan Aplikasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dengan Konvensional terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Sebelas Maret.

Melinda, T. R. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Problem Solving Siswa Kelas IV MIN 1 Adirejo Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Nurfalah, S., Hanif, A. S., & Satyakarnawijaya, Y. (2019). Model Latihan Smash Dalam Permainan Bola Voli Untuk Pemula. Jurnal Pendidikan Olahraga, 8(1), 15. https://doi.org/10.31571/jpo.v8i1.1216

Rithaudin, A., & Hartati, B. S. (2016). Upaya meningkatkan pembelajaran passing bawah permainan bola voli dengan permainan bola pantul pada siswa kelas IV SD Negeri Glagahombo I Tempel Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 12(1), 51–57.

Supriyanto, M. H. (2013). Pengaruh latihan koordinasi mata dan tangan dengan cara passing bola ke atas terhadap hasil belajar passng bawah bolavoli studi pada siswa SMA Assa’adah Bungah Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(3), 588–590.

Published

2024-01-08

How to Cite

Delni Susmita, Jufrianis, J., & Vigi Indah Permatha Sari. (2024). Kontribusi Koordinasi Mata-Tangan Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(3), 357-365. https://doi.org/10.46838/spr.v4i3.414