Peningkatan Keaktifan Belajar Menggunakan Video Tutorial dalam Materi Tendangan Samping Pencak Silat Siswa SMA 5 Kendari

Authors

  • Suryani Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara
  • Resky Ana Abadi Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara

DOI:

https://doi.org/10.46838/spr.v3i1.140

Keywords:

Pencaksilat, Keaktifan Belajar, Video Tutorial, Tendangan Samping

Abstract

Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik menggunakan Video Tutorial pada siswa kelas XI SMA 5 Kendari pada materi ajar tendangan samping, Pencaksilat tahun ajaran 2020/2021.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), di mana guru sebagai pelaksana pembelajaran sedangkan peneliti sebagai pengamat. Desain Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart dengan menggunakan dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021, Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA 5 Kendari yang terdiri dari 32 peserta didik yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Objek penelitian adalah keaktifan belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan Dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar peserta didik, yaitu pada siklus I sebesar 46,00% (kategori kurang), kemudian pada siklus II meningkat menjadi 93,75% (kategori sangat baik). Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 47,75% Dengan demikian penggunaan video tutorial dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas XI SMA 5 Kendari.

References

Chatib. (2011). Gurunya Manusia. Kaifa.

Erlangga, B. (2019). Penerapan Model Inkuiri Format Divergent Dalam Pembelajaran Pencak Silat Di Sekolah Dasar Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V. Universitas Pendidikan Indonesia. repository.upi.edu

Islamy, N. F. (2013). Meningkatkan Gerak Dasar Tendangan Samping Pada Pembelajaran Pencak Silat Melalui Model Kooperatif Group Investigation Pada Siswa Kelas V SDN 2 Sindanghayu. Universitas Pendidikan Indonesia.

Jamil, A. F. (2021). Penerapan Video Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tendangan Sabit Pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kebumen Tahun Ajaran 2019/2020.

Kardiawarman. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan.

Kuswanti, E., Sugiyanto, & Liskustiyawati, H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tendangan Depan Dalam Pencak Silat Melalui Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran Pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Adipala Tahun Ajaran 2018/2019. Prosiding The 9th University Research Colloqium (Urecol), 58–63.

Lubis, J. (2004). Pencak Silat Panduan Praktis. Rajawali Pers.

Mudjiono. (2011). Belajar dan Pembelajaran. PT Rineke. Cipta.

Nana sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Pradikantara, P. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Penjasorkes Materi Tendangan Pencak Silat Melalui Alat Bantu Tali Bentang.

Rusman. (2012). Model-model pembelajaran. Raja Grafindo.

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sugiharto. (2007). Psikologi Pendidikan. UNY Press.

Suharsimi Arikunto. (2005). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. PT Rineke. Cipta.

Umar, M. Y., Hasanuddin, M. I., & Hakim, N. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Tendangan Depan Dalam Pencaksilat Dengan Menggunakan Alat Bantu Pada Peserta Didik Kelas XII ips Madrasah Aliyah Al mawasir Lamasi Kabupaten Luwu. Repository UPT.Perpustakaan Universitas Muhammadiah Palopo.

Published

2022-03-31

How to Cite

Suryani, & Resky Ana Abadi. (2022). Peningkatan Keaktifan Belajar Menggunakan Video Tutorial dalam Materi Tendangan Samping Pencak Silat Siswa SMA 5 Kendari. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(1), 25-30. https://doi.org/10.46838/spr.v3i1.140