Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Siti Aisyah Madrasah Aliyah Swasta Sumber Bungur Pakong
  • Indari Universitas Negeri Surabaya
  • ST. Fatimah MTsN Sumber Bungur Pamekasan 3
  • Dalilah Madrasah Aliyah Swasta Sumber Bungur Pakong

DOI:

https://doi.org/10.46838/jbic.v4i1.411

Keywords:

Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Momentum, Impuls dan Tumbukan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika yang valid, praktis, dan efektif untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa pada kegiatan pembelajaran momentum, impuls dan tumbukan di kelas X. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah silabus, RPP, LKS, buku ajar siswa, instrumen tes keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran untuk melatih keterampilan berpikir kritis ini mengacu pada model Dick and Carey. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Model ini merupakan model pembelajaran yang menitik beratkan pada penyelesaian masalah dalam kehidupan sehari-hari agar keterampilan berpikir kritis siswa terlatih melalui kegiatan pemebelajaran.

Published

2023-06-15

How to Cite

Siti Aisyah, Indari, ST. Fatimah, & Dalilah. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 4(1). https://doi.org/10.46838/jbic.v4i1.411