MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 NEGARA DENGAN PENDEKATAN DRIL
DOI:
https://doi.org/10.46838/jbic.v1i1.4Keywords:
Pembelajar, Penelitain tindakan kelas, Pendekatan drilAbstract
Penelitian Tindakan Kelas ini dilatarbelakangi oleh: (1) hasil belajar siswa masih tergolong rendah; (2) Aktivitas belajar siswa kurang aktif; (3) metode pembelajaran guru cenderung masih konvensional; dan (4) siswa belum memiliki motivasi belajar yang baik. Kondisi ini ingin diubah melalui penerapan pembelajaran dengan pendekatan Dril. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas penerapan pembelajaran dengan pendekatan dril dalam upaya meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Matematika.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dengan langkah-langkah pokok: planning, acting, observing, reflekting dengan selalu melakukan revisi tindakan untuk menemukan hasil yang lebih baik atau akurat. Pengolahan datanya menggunakan teknik deskriptif analitis.
Dengan prosedur penelitian tindakan yang dilakukan, ditemukan hasil sebagai berikut: (1) aktivitas belajar siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Negara pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan pembelajaran dengan pendekatan dril mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dari hasil pengamatan keaktifan belajar siklus I, dan II dengan rata-rata dari 77% menjadi 94% (2) Penerapan pembelajaran dengan pendekatan dril dapat dikatakan efektif diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Negara pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018yang dibuktikan dari hasil penelitian pada siklus I, dan II dengan rata-rata kelas meningkat, yaitu: dari 76 menjadi 78 serta ketuntasan belajar klasikal juga meningkat, yaitu: dari 67 %, menjadi 86%.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Listiwikono Eko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.