Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi

Authors

  • Melia Fitri Yani MAN Insan Cendekia Jambi

DOI:

https://doi.org/10.46838/jbic.v3i2.233

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Geografi, Think Pair Share

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa materi pengetahuan dasar geografi melalui model pembelajaran kooperatif metode Think Pair Share (TPS) kelas X MAN Insan Cendekia Jambi. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas merupakan salah satu penyelidikan refleksi diri yang dilaksanakan sebagai usaha pengembangan kebijakan dan perencanaan sistem. Rancangan penelitian mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemis dan Mc. Taggart yakni adanya perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilakukan secara bersiklus. Penelitian hanya dilaksanakan dengan dua siklus yakni siklus I dan siklus II dengan 118 orang siswa, karena sudah mencapai nilai yang ambang batas nilai yang ditargetkan, yakni 80. Model pembelajaran kooperatif merupakan kegiatan yang berlangsung di lingkungan belajar siswa dalam kelompok kecil yang saling berbagi ide-ide dan bekerja secara kolaboratif untuk memecahkan masalah dalam tugas mereka. Metode Think Pair Share (TPS) atau berpikir berpasangan berbagi merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi peserta didik dalam belajar di kelas. Teknik analisis data menggunakan SPSS Statistics versi 27. Jika data berdistribusi normal, maka dilanjutkan dengan uji paired sample test. Namun jika data tidak berdistribusi normal, maka dilakukan uji Wilcoxon. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai pretest diperoleh rata-rata hasil belajar atau mean sebesar 67,94. Sedangkan untuk skor postest diperoleh nilai rata-hasil belajar sebesar 77,61. Berdasarkan hasil perhitungan Wilcoxon Signed Rank Test, maka nilai Z didapat sebesar -9,291 dengan p value (Asymp. Sig. 2 tailed) sebesar 0,001. Sementara pada siklus II, diperoleh nilai pretest diperoleh rata-rata hasil belajar atau Mean sebesar 77,61. Sedangkan untuk skor postest diperoleh nilai rata-hasil belajar sebesar 82,20. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan hasil belajar siswa pada materi pengetahuan dasar geografi melalui model pembelajaran kooperatif metode Think Pair Share (TPS) kelas X MAN Insan Cendekia Jambi.

Published

2022-12-27

How to Cite

Melia Fitri Yani. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 3(2). https://doi.org/10.46838/jbic.v3i2.233