Internalisasi Nilai Karakter pada Pembelajaran Dimensi Tiga di MAN Insan Cendekia Jambi dalam Kurikulum 2013

Authors

  • Ahmad Puguh Eriawan MAN Insan Cendekia Jambi

DOI:

https://doi.org/10.46838/jbic.v3i2.228

Keywords:

Internalisasi, Nilai-nilai Karakter, Pembelajaran Tiga Dimensi , Kurikulum

Abstract

Internalisasi nilai-nilai karakter pada pembelajaran dimensi tiga adalah suatu cara yang signifikan dalam membentuk karakter siswa diantaranya disiplin, mandiri, rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan jujur. Kurikulum 2013 yang menekankan karakter dalam setiap pembelajaran merupakan pedoman yang harus dilakukan oleh setiap guru dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan suatu internalisasi nilai-nilai karakter disiplin, mandiri, rasa ingin tahu, tanggung jawab, jujur, toleransi, dan peduli lingkungan pada pembelajaran dimensi tiga yang dilakukan  di MAN Insan Cendekia Jambi. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai karakter melalui observasi, penilaian diri, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian memperlihatkan internalisasi nilai-nilai karakter pada pembelajaran dimensi tiga dengan cara menerima dan melaksanakan tugas yang  diberikan oleh guru dengan pemahaman dan pembiasaan selama proses pembelajaran dimensi tiga, sehingga mendorong terbentuknya karakter disiplin, jujur, mandiri, rasa ingin tahu, tanggung jawab, toleransi, dan peduli lingkungan. Penelitian tentang nilai-nilai karakter pada pembelajaran membutuhkan waktu dan fokus kepada subjek penelitian, karena dalam penilaian sikap perlu konsentrasi yang tinggi dalam mengamati perilaku siswa. Disamping itu dibutuhkan pengamat yang memahami karakter yang dimunculkan dalam pembelajaran sesuai dengan indikator-indikator yang telah dirumuskan sebagai acuan dalam proses observasi atau pengamatan.

Published

2022-12-14

How to Cite

Ahmad Puguh Eriawan. (2022). Internalisasi Nilai Karakter pada Pembelajaran Dimensi Tiga di MAN Insan Cendekia Jambi dalam Kurikulum 2013. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 3(2). https://doi.org/10.46838/jbic.v3i2.228