Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Man 2 Tanjung Jabung Timur Muara Sabak

Authors

  • Mohamad Arsad Madrasah Aliyah Negeri 2 Tanjung Jabung Timur

DOI:

https://doi.org/10.46838/jbic.v3i1.145

Keywords:

Kerpemimpinan Kepala Madrasah, Kinerja Guru, Madrasah Aliah Negeri 2

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui tentang peran kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Aliah Negeri (MAN) 2 Tanjung Jabung Timur Muara Sabak. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah, tenaga kependidikan dan guru di MAN 2 Tanjung Jabung Timur Muara Sabak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan kepala madrasah di MAN 2 Tanjung Jabung Timur Muara Sabak sudah cukup baik, dalam hal ini peran kebijakan kepala sekolah dalam rangka peningkatan profesionalisme guru sangat dominan. Kepala madrasah melaksanakan kebijakan tersebut dengan mengadakan pertemuan bulanan; memberikan tugas; menyelenggarakan pelatihan, seminar, lokakarya; memberikan penghargaan/tunjangan kepada guru yang berprestasi dan sanksi bagi guru yang melanggar kebijakan di madrasah. Profesionalisme guru meningkat dengan baik, terlihat pada: kedisiplinan aktif dalam pembelajaran; pengembangan keterampilan, dan mampu menguasai materi dalam pembelajaran.

Published

2022-04-15

How to Cite

Mohamad Arsad. (2022). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Man 2 Tanjung Jabung Timur Muara Sabak. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 3(1). https://doi.org/10.46838/jbic.v3i1.145