Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Man 2 Tanjung Jabung Timur Muara Sabak
DOI:
https://doi.org/10.46838/jbic.v3i1.145Keywords:
Kerpemimpinan Kepala Madrasah, Kinerja Guru, Madrasah Aliah Negeri 2Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui tentang peran kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Aliah Negeri (MAN) 2 Tanjung Jabung Timur Muara Sabak. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah, tenaga kependidikan dan guru di MAN 2 Tanjung Jabung Timur Muara Sabak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan kepala madrasah di MAN 2 Tanjung Jabung Timur Muara Sabak sudah cukup baik, dalam hal ini peran kebijakan kepala sekolah dalam rangka peningkatan profesionalisme guru sangat dominan. Kepala madrasah melaksanakan kebijakan tersebut dengan mengadakan pertemuan bulanan; memberikan tugas; menyelenggarakan pelatihan, seminar, lokakarya; memberikan penghargaan/tunjangan kepada guru yang berprestasi dan sanksi bagi guru yang melanggar kebijakan di madrasah. Profesionalisme guru meningkat dengan baik, terlihat pada: kedisiplinan aktif dalam pembelajaran; pengembangan keterampilan, dan mampu menguasai materi dalam pembelajaran.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Mohamad Arsad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.